A. Surat Menyurat
Ø Arti
Secara
umum surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan informasi atau pernyataan
secara tertulis kepada pihak lain baik atas nama pribadi (sendiri) ataupun
karena kedinasan.
Surat
juga merupakan wakil resmi dari yang mengirim untuk membicarakan masalah yang
dihadapi. Secara singkat dapat diketemukan bahwa surat adalah alat komunikasi
penting dalam tata kerja tata usaha. Apabila terjadi hubungan surat menyurat
secara terus menerus dan berkesinambungan, maka kegiatan ini disebut surat
menyurat atau lazimnya korespondensi.
Surat-menyurat
adalah kegiatan penanganan surat masuk dan keluar yang meliputi penerimaan,
penggolongan, pengarahan, pencatatan, pendistribusian dan pengiriman surat
keluar.
Ø Jenis
Surat secara umum digolongkan menjadi tiga yaitu surat
pribadi, surat dinas, dan surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk, isi,
dan bahasanya. Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan berdasarkan
pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat resmi, dan
surat dinas.
1. Surat
pribadi
Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan
pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga.
2. Surat
Resmi
Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan
resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi; misalnya undangan, surat
edaran, dan surat pemberitahuan.
3. Surat
Niaga
Surat niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan
kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna
dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik.
Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat
dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh
dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.
4. Surat
Dinas
Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal
seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan
administrasi dalam suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai
dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti
sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat
keputusan dan surat instruksi.
5. Surat Lamaran
Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan
dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan
ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau
resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan
dalam penulisannya.
6. Surat
Elektronik
Dengan berkembangnya teknologi, surat pun semakin mengalami
pembaharuan, misalnya dengan adanya surat elektronik. Surat elektronik atau
surel merupakan surat yang pengirimannya berbasis pada penggunaan internet.
Pada awalnya, perusahaan bernama Olt Break and Newman dikontrak oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat untuk membuat ARPANET pada 1969. ARPANET ini
singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang bertujuan
untuk meciptakan metode komunikasi antara intitusi pendidikan dengan militer.
Pada tahun 1971, Ray Tolimson bertugas dalam proyek SNDMSG
yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan dalam mesin yang sama. Ray
awalnya bereksperimen dengan SNDMSG untuk meninggalkan pesan di komputer
sehingga muncul lah protocol CYPNET yang
mampu mengirimkan pesan ke komputer lain yang masih berada dalam jaringan
ARPANET. Ini lah yang menjadi cikal bakal surat elektronik.
Untuk mengakses surel, kita bisa memilih ssalah satu cara.
Pertama dengan menggunakan browser seperti Internet Explorer atau
Mozilla Firefix . Surel dengan basis browser biasanya menyediakan
layanan tersebut secara gratis. Kedua dengan program pengakses surel seperti
Microsoft Outlook. Keuntungannya kita tidak harus selalu membuka internet untuk
membuka surel yang ada.
Ø Bahasa
Bahasa
surat biasanya memiliki cirri-ciri yaitu jelas isinya, lugas, menarik, dan
sopan. Untuk lebih lengkapnya, lihat pembahasan berikut ini:
a. Jelas
Bahasa
surat yang jelas maksudnya tidak hanya mudah dimengerti tetapi harus terbebas
dari salah tafsir atau rancu, sehingga data-data yang dituangkan dalam surat
sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Bahasa dalam surat juga harus dapat
menjelaskan siapa yang membuat surat itu kepada siapakah surat itu ditujukan.
Oleh karena itu, surat harus menggunakan pilihan kata-kata yang cermat, kalimat
yang utuh tidak menggantung, dan tanda baca yang benar serta tidak terlalu
banyak menggunakan kata-kata atau istilah asing.
b. Lugas
Lugas
artinya sederhana, praktis, bersahaja (simple). Jika diterapakn dalam pada
penulisan kalimat dalam surat, berate kalimat yang digunakan harus langsung
menunjukkan persoalan atau permasalahan yang pokok-pokok saja, tidak
bertele-tele serta dapat mengungkapkan gagasan secara tepat sesuai dengan
maksud yang dikehendaki.
Cara
yang dapat dilakukan oleh penulis surat agar diperoleh bahasa surat yang lugas
adalah sebagai berikut:
1)
Menghilangkan unsur-unsur yang tidak diperlukan
2)
Menghilangkan basa-basi
3)
Menambahkan unsur penjelas yang hilang
4)
Menggunakan istilah yang biasa digunakan dalam surat niaga
5)
Menempatkan tanda baca yang tepat
c. Menarik dan
Sopan
Bahasa
yang menarik adalah bahasa yang hidup, lugas, jelas, wajar, enak dibaca, tidak
kaku, tidak menggunakan kata-kata yang telah using, dan tidak menggunakan kata
makian yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Bahasa yang menarik juga
menghindari pengulangan kata yang mengakibatkan nada surat menjadi monoton atau
membosankan lawan bicara.
Bahasa
surat yang sopan maksudnya bahasa yang digunakan sederhana sesuai kaidah bahasa
umumnya dan tidak menggunakan bahasa yang berlebihan sserta kata-kata yang
merendahkan martabat orang lain.
Ø Contoh
·
Surat Pribadi
Bekasi,
24 Juni 2013
Sahabatku
Yoga
Jalan
Melati 1
Bekasi
Assalamualaikum Wr.Wb.
Halo,
apa kabar, baik baik saja kan? Ane dan keluarga ane dalam keadaan sehat
walafiat.
Mudah mudahan kabar lo juga seperti itu. Apa di Bandung hujan terus sepanjang hari? Di Bekasi hamper setiap hari hujan bray
Mudah mudahan kabar lo juga seperti itu. Apa di Bandung hujan terus sepanjang hari? Di Bekasi hamper setiap hari hujan bray
Goy, bulan depan kan udah mulai libur kuliah, apa ente punya rencana liburan ke luar kota? Kalau tidak ane ingin berkunjung ke rumah ente. Ane ingin melihat indahnya keindahan kota Bandung dan berlibur bersama ente
Sekian dulu surat dari ane kapan kapan kita sambung lagi. Kutunggu balasan surat ente.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Sahabatmu,
Indra
B. Curriculum Vitae
Ø Arti
(CV; juga
ditulis curriculum vitæ) adalah dokumen yang memberikan gambaran
mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu
CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai
seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk
menyaring aplikan ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.
Format standar resume atau curriculum vitae (CV) di
Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Biodata dan pas foto. Pas foto berwarna terbaru, biasanya berukuran 3×4 atau 4×6
2. Riwayat pendidikan dan pelatihan.
Cantumkan riwayat pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti, lengkap dengan
jurusan, jenjang, institusi dan tahun kelulusan. Cantumkan pendidikan formal
terlbih dahulu, setelah itu baru cantumkan pendidikan non formal.
3. Pengalaman kerja. Berisi
pengalaman kerja anda, lengkap dengan pangkat, jabatan, jenis pekerjaan,
prestasi atau poyek yang telah selesai dengan sukses, tanggung jawab dan
wewenang pekerjaan, serta periode kerja.
4. Pengalaman organisasi. Berisi
pengalaman organisasi. Sebaiknya cantumkan pengalaman organisasi yang berhubungan
dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan saja.
5. Referensi kerja. Cantumkan
referensi kerja (bisa nama atasan tempat anda bekerja sebelumnya).
Ø Susunan
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
DATA PRIBADI
1. Nama Lengkap : ..................................................
2. Tempat, Tanggal Lahir : ..................................................
3. Domisili : ..................................................
4. Jenis Kelamin : ..................................................
5. Agama : ..................................................
6. Status : .................................................. (belum menikah/menikah)
7. Tinggi / Berat Badan : ..................................................
8. Telepon : ..................................................
9. e-mail : ..................................................
RIWAYAT PENDIDIKAN
1. SD …..
2.
SMP …..
3. SMA …..
3. SMA …..
KEMAMPUAN
1. …..
2. …..
PENGALAMAN KERJA
1. ….
2.
…..
Ø Contoh
CV (curriculum vitae)
Data Pribadi
Nama : Indra
Tempat, tanggal lahir : Bekasi, 29 April 1992
Jenis kelamin : Pria
Status : Belum menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Melati 1 Blok F 34 No.14
Telepon : 088808109576
e-mail : ililubis2@gmail.com
Latar belakang Pendidikan
Formal
1998 – 2004 : SD BJI 9, Bekasi
2004 – 2007 : SMP PGRI, Bekasi
2007 – 2010 : SMA PGRI, Bekasi
2010 – 2013 : Universitas Gunadarma, Bekasi
Kemampuan
- Motivation
- Team Work
- Accounting
Sumber Referensi :
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Surat
3. http://dian4nggraeni.wordpress.com/2013/01/04/penggunaan-tata-bahasa-dalam-surat
menyurat/
4. http://rifkadodol.blogspot.com/2012/06/surat-menyurat.html
5. http://id.wikipedia.org/wiki/Curriculum_vitae
6. http://famiblasting.blogspot.com/2013/01/contoh-cv.html
7. http://carikarir.wordpress.com/contoh-surat-lamaran-cv/urutan-penyusunan-cv/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar